Waspadai Bahaya Kandungan Krim Tabir Surya

Penggunaan krim tabir surya memang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Tetapi, di balik manfaatnya, sunscreen atau tabir surya kemungkinan memiliki risiko kesehatan yang cukup serius.

Seperti dikutip Green Living Tips, sebuah investigasi yang dilakukan oleh Environmental Working Group, sebuah organisai yang bergerak di bidang lingkungan, menyelidiki lebih dari 1.500 produk sunscreen dan sunblock. Dari jumlah produk tabir surya yang ada, organisasi tersebut hanya menemukan tiga dari lima yang aman untuk kulit.

Mahani-Gallery-Image

Berikut ini beberapa kandungan yang ditemukan dalam krim tabir surya dan berbahaya bagi tubuh:

  • Dioxibenzon dan Sulisobenzone: Kandungan tersebut dapat meracuni kulit.
  • Diazolidinyl urea: Dapat mempengaruhi sistem otak.
  • Oktil Metoksisinamat: Dapat terakumulasi dalam tubuh dan mengganggu fungsi hati.
  • Oksibenzon: Berkontribusi pada penyakit pembuluh darah.

Untuk itu, saat membeli krim tabir surya, bacalah dengan teliti kandungan yang tertulis di kemasannya. Jika Anda ingin lebih aman, bisa juga beralih ke produk yang ramah lingkungan. Saat ini sudah cukup banyak brand-brand kosmetik berlabel organik.

Selain memakai krim tabir surya, agar terhindar dari efek buruk sinar matahari, sebaiknya hindari panas matahari pada pukul 10.00 hingga 15.00. Jika Anda harus melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan baju lengan panjang, payung, topi yang lebar dan sunglasses yang mengandung UV protection.

Sumber:Vemale.com

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *